Bagian Dari Siklus

Pic source : Canva

Ga jarang aku mengalami kondisi dimana aku ngerasa panik karena sesuatu ga berjalan sesuai rencana ku / hasil nya gak favorable. Dan kalo aku inget-inget lagi aku sering banget khawatir sama dunia, ....iya dunia x) contoh nya gini : aku liat teknologi semakin canggih banget ya, dan khawatir suatu saat nanti semua di dunia ini dikuasain sama teknologi yang menggantikan manusia itu sendiri di banyak hal, dari sekarang kan udah mulai keliatan tuh.. tapi kalo dipikirin lebih dalam itu kan bukan kapasitas aku buat mikirin, dan banyak hal-hal lainnya yang cakupannya terlalu luas buat lewat di pikiran, dengan banyaknya persoalan lain yang lebih penting untuk aku fokus kan yah haha..

Dan aku sadar sesuatu, seperti adanya pandemi kemarin tuh bikin aku mikir jauh lebih dalem lagi dan came up sama pemikiran sbb : ketika semesta mungkin udah "ga stabil", dia akan punya proses nya sendiri untuk ngatasin itu. Agak kaget juga sih aku bisa jadi bagian yang menyaksikan itu juga pas masih hidup, dan mungkin temen2 yang baca juga. 

Tapi itu dia kata kunci nya yang aku dapet ya, kita ini "Bagian Dari Siklus".

Kalo aku ambil dari dictionary.com dari kata cycle, kurang lebih artinya sbb : "Setiap putaran atau rangkaian lengkap kejadian yang berulang atau di ulang."

Kalo semesta aja punya cara, berarti kita ini kan bagian dari "semesta kecil" ya? hidup kita, hati, perasaan kita itu juga aku yakin akan ada siklus nya, dimana kalo mereka mulai ga stabil, Tuhan akan punya cara menstabilkan mereka kembali, dengan cara apa? ya balik ke di atas tadi, adanya kondisi-kondisi yang hasilnya ga sesuai rencana kita.. karenaaaaaa pastinya kita ga dikasih manual book cara hidup di dunia kan? maksudnya seperti hari ke 1,135 di dunia kita harus ngapain aja, lewat mana, makan apa. 

Dan kalaupun udah dikasih manual book nya aku yakin dengan "hebat" nya manusia berpikir pasti kebanyakan juga ga akan ngikutin tata cara yang ada, karena nature nya manusia yang berpikir pasti akan bertanya "kenapa harus lakuin ini?" "gimana caranya skip yang ini?" dan lain sebagainya.

Maksud tulisan ku kali ini tuh ingin mencoba merumuskan aja sih dari hasil pemikiran selama ini yang udah ketumpuk dan dengan ngeliat events / kejadian-kejadian di depan mata yang menguatkan pemahaman aku soal peran manusia di dunia. 

Dan ga jarang juga aku ngeliat suatu hal yang sudah diprediksi dampaknya luar biasa di masa depan, yang ternyata hasilnya ga jarang jadi sebaliknya. Nah ketika ngeliat fenomena ini aku ada kelegaan juga sih, bukan karena seneng liat orang-orang kecewa, tapi lebih ke arah pembuktian bahwa siklus tersebut masih terus berjalan. Berarti semesta pun tetap dengan cara nya menjaga keseimbangan, baik & buruk, terang & gelap, dan seterusnya. 

Dan kalau hal itu terjadi tanpa harus menunggu waktu yang lama, aku pikir jauh lebih baik karena kalau terlalu lama "dipendam" sama semesta, bisa-bisa efeknya kayak pandemi lagi, waktu nya cukup lama & berat banget karena hampir seluruh manusia kena efeknya. (seperti biasa... just my thought, guys.)

Jadi saat ada hal yang diluar diugaan ku / diluar rencana ku, aku berharap dengan adanya tulisan ini bisa sedikit mengingatkan aku sih kalau kita ini hanya bagian dari siklus, ketika itu berjalan sesuai harapan kita ya bersyukur alhamdulillah ibaratnya kita "direstui semesta", tapi ketika tidak berjalan sesuai harapan kita, tetap bisa bersifat tenang di dalam diri karena itu cara Tuhan dan semesta untuk tetap menyeimbangkan siklus yang ada.


13th May 2022.

A.

Comments

Popular Posts